^Kembali ke Atas

  • Nowela si "Suara Uranium" dari Papua

    Nowela lahir di Wamena, Papua tanggal 19 Desember 1987. Ayahnya berasal dari Papua, lebih tepatnya berasal dari Serui, sebuah kota kecil di Pulau Serui yang terletak di pantai utara Papua, sedangkan ibunya berasal dari Batak. Setamat SMA di SMAN 1 Sidoarjo, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga Surabaya,

  • Sejarah Politik Papua

    Tumbuhnya paham "Nasionalisme Papua" di Tanah Papua mempunyai sejarah yang panjang dan pahit. Sebelum dan selama perang dunia ke II di Pasifik, nasionalisme secara khas dinyatakan melalui gerakan Millinerian, Mesianic dan "Cargo-Cultis". .

  • Antara Papua dan Palestina

    Mekianus tertegun suatu sore ketika menonton berita salah satu TV Swasta nasional. Maklum, anak berusia 12 tahun tersebut baru mendapat hadiah istimewa pamannya yang TNI untuk berlibur bersama ibunya ke Jayapura karena naik kelas 6,

Web Hosting

OPINI

Cepat atau lambat Papua pasti Merdeka

Sejak hasil Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada 1969 menyatakan Papua ingin bergabung dengan Indonesia, krisis terus membekap wilayah di ujung timur negara ini. Situasi keamanan fluktuatif.

Selengkapnya...

EDITORIAL

Kami ingin lepas dari Indonesia baik-baik

Menteri Luar Negeri Federasi Papua Barat Jacob Rumbiak menyarankan Indonesia segera memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Papua.

Selengkapnya...

DARI REDAKSI

Dari Redaksi

Komunitas Papua terus meningkatkan pelayanan Informasi bagi pembaca setia  dengan  menambahkan Fiture-fiture baru pada website komunitas Papua, dengan harapkan akan memberikan informasi yang lebih banyak kepada para pembaca, dan menjadikan website Komunitas Papua sebagai referensi utama untuk mencari berbagai informasi tentang perkembangan terakhir di Tanah Papua.

Selengkapnya...

Users Latest

  • Michaelcam
  • Walterror
  • AtonGeGomstasp
  • JameshoX
  • JohnFat

ONLINE SAAT INI

Kami memiliki 99 tamu dan tidak ada anggota online

PENGUNJUNG

0708772
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Lalu
Bulan ini
Bulan Lalu
TOTAL
1140
371
2949
4235
14499
18678
708772

9.70%
6.62%
2.41%
1.47%
0.31%
79.49%
Online (15 minutes ago):99
99 guests
no members

Your IP:54.80.237.123

STATISTIK WEB

Pengunjung
511
Artikel
212
Tautan Web
9

PASIFIK NEWS

Andy Ayamiseba : “Serba - Serbi Penolakan MSG”

Timika (KOMUNITAS PAPUA News) – Komunitas Papua memperoleh informasi  terpercaya dari  Bung Andy Ayamiseba salah seorang pengurus West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) merupakan wadah koordinasi nasional dari berbagai kelompok oposisi dan resisten Papua Barat yang berkedudukan di Vanuatu, terkait klarifikasi  masalah MSG sebagai berikut :

Selengkapnya...

Diplomasi Baru Papua - MSG

Vanuatu (KOMUNITAS-PAPUA news) -  Pastor Alain Nafuki, anggota Dewan Gereja Vanuatu, telah ditunjuk oleh Kelompok Pembebasan Papua di Pasific menjadi Ketua dari sebuah Komite yang bertugas mengorganisir Konferensi Kelompok-Kelompok Pembebasan Papua yang akan diselenggarakan di Port Villa, Vanuatu, bulan Agustus mendatang.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) -  Persipura Jayapura tak takut dengan ancaman Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, terkait sanksi yang akan dijatuhkan kepada klub yang tidak mengikuti kompetisi bentukan Tim Transisi.

Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tommy Mano, mengatakan, saat ini pihaknya meminta pertanggungjawaban atas nasib klubnya sampai tak bisa berlaga di laga 16 besar AFC Cup. Benhur juga menekankan, Persipura juga menekankan agar BOPI, Menpora, dan imigrasi tak membalikkan fakta terkait Persipura.

"PSSI sudah dibekukan oleh pemerintah dan saat ini bukan kami (Persipura) yang bikin masalah. Menpora seharusnya jangan menakut-nakuti Persipura dengan ancaman dia. Justru kami menghargai pemerintah, sebab kami masih berada di negara Indonesia dan NKRI adalah harga mati bagi kami," ucap Benhur dalam keterangannya pers di Jayapura, Jumat (5/6/2015).

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Kicauan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terkait sanksi FIFA kepada Indonesia mendapat reaksi keras dari Persipura Jayapura. Tak hanya menyindir pemerintah, tim Mutiara Hitam yang menjadi korban sanksi tersebut juga menagih janji pembenahan kongkret seperti yang digembar-gemborkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi berkicau di sosial media Twitter, Minggu (31/5/2015), menyusul sanksi FIFA kepada Indonesia. Sepak bola Indonesia dihukum setelah Komite Eksekutif FIFA menggelar pertemuan di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5/2015).

Hukuman itu berupa isolasi terhadap aktivitas internasional dalam lingkup kompetisi FIFA dan AFC, baik untuk timnas dan klub. FIFA menyatakan PSSI telah melanggar pasal 13 dan 17 Statuta FIFA, soal campur tangan pihak pemerintah. Akibat hukuman ini, Persipura yang semestinya bisa tampil di babak 16 besar Piala AFC 2015 kontra Pahang FA, terkena imbasnya.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 13

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - PERSIPURA, Suporter Persipura serta DPR-Papua benar-benar TERTIPU oleh MENPORA dengan mengulur - ulur waktu sampai FIFA menjatuhkan sangsi kepada Indonesia, sehingga Persipura tidak dapat mengikuti pertandingan AFC, karena Pemerintah Indonesia sudah mengatahui bahwa Persipura pasti akan menjuarai AFC. Dan jika ini terjadi, maka mata dunia akan tertuju ke Papua yang sedang berjuang untuk merdeka terlepas dari penjajah Indonesia.

Oleh sebab itu Presiden Jokowi memerintahkan kepada Menpora untuk untuk menggagalkan Persipura agar tidak bisa menjadi Juara AFC, caranya adalah dengan menciptakan konflik antara Menpora (Pemerintah) dengan PSSI agar Indonesia di suspend/diband oleh FIFA yang sebentar sebentar lagi akan Kongres, sehingga Persipura Papua gagal di AFC.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Persipura Jayapura kembali mendemo kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jumat (29/5/2015). Sejak pagi para pendukung Mutiara Hitam sudah berkumpul di Kantor Kemenpora.

Memasuki siang hari, suasana memanas setelah para pendukung Persipura yang terdiri dari puluhan orang masuk ke gedung Kemenpora. Salah seorang pendukung Persipura berteriak karena Menpora tidak kunjung menemui mereka.

"Buat apa Menpora ke Jogja lagi? Penting mana, di sana atau disini? Kami datang baik-baik!" teriak salah satu pendukung Persipura.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) -  Persipura Mania, kelompok suporter Persipura Jayapura, menggelar aksi solidaritas mendukung klub kesayangannya di depan Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat 29 Mei.

Puluhan suporter Persipura Mania bernyanyi bersama layaknya kelompok paduan suara. Mereka menyanyikan lagu Mars Papua, Hai Tanah ku Papua, Yamewer O yabe women dan beberapa lagu perjuangan kemerdekaan Papua.

Aksi tersebut sebagai bentuk dukungan bagi Persipura Jayapura yang sedang menunggu nasibnya di Piala AFC. Sontak aksi ini mengundang perhatian awak media yang sedang berada di Gedung Kemenpora.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 5

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - Rakyat Papua terus di tipu-tipu oleh Pemerintah Penjajah Indonesia, tapi masih mau saja bergabung dengan kolonial brengsek ini. Lihat saja aksi pemerintah Kolonial Indonesia melalui Menporanya yang telah membuat scenario sehingga PERSIPURA tidak bermain AFC

“Sekarang sudah saatnya seluruh rakyat Papua harus merapatkan barisan untuk memperjuangkan kemerdekaan bagi Republik Federasi Papua Baratr sebagaimana saudara sebangsa Melanesia, Jika  Papua sudah merdeka maka Papua pasti akan mewakili Pasifik untuk mengikuti Piala Dunia” demikian salah seorang Tokoh pejuang Papua merdeka kepada komunitas Papua.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 3

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Gagalnya Persipura Jayapura menjamu Pahang FA pada babak 16 besar Piala AFC 2015 di Stadion Mandala, Jayapura, 26 Mei nanti, ternyata juga mendapat perhatian dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Seperti diketahui, laga tersebut batal digelar sesuai jadwal lantaran pemain asing Pahang tak mendapatkan visa untuk masuk ke Indonesia.

Itu terjadi saat mereka transit di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/5). Lantaran hal tersebut, Pahang memutuskan untuk kembali ke Malaysia dan tidak melanjutkan perjalanan mereka ke Jayapura.

Melihat kenyataan ini, JK pun memerintahkan PSSI untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. "Saya diminta Wapres untuk komunikasi dengan AFC langsung, agar persoalan ini diselesaikan secepatnya. Mudah-mudahan Komite Kompetisi AFC memahami dan bisa menjadwalkan ulang hal ini," ucap Hinca Pandjaitan, wakil ketua umum PSSI usai bertemu dengan JK di kantor Wapres RI, Senin (25/5).

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - Kubu Persipura Jayapura sangat kecewa dengan batalnya klub Pahang FA ke Jayapura karena terkendala masalah keimigrasian di bandara Soekarno-Hatta.

“Seharusnya Pahang Sabtu malam berangkat menuju Jayapura. Tapi karena 4 pemain asingnya tidak berikan visa oleh imigrasi bandara, mereka memilih kembali ke Malaysia,” ujar Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, saat jumpa pers di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (24/5/2015) sore.

Tomi Mano menyebut pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kejadian ini, yang membuat pertandingan babak 16 besar Piala AFC, hampir dipastikan batal terlaksana.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2

Sebelum Persipura menghadapi Pahang FA yang bakal menjadi lawan di babak 16 Besar Piala AFC 2015 di Stadion Mandala, Selasa (26/5), sebaiknya kita refleksi lagi perjalanan  Persipura Jayapura yang mengantongi tiket babak 16 besar AFC Cup 2015. Mutiara Hitam bisa dibilang tokcer. Betapa tidak, dari enam pertandingan babak penyisihan grup, raksasa Indonesia itu tidak ternoda dengan kekalahan.

Tim besutan Oswaldo Lessa itu memetik lima kemenangan dan sekali imbang. Bukan hanya menyerang dan mencetak gol, Persipura sangat kuat dalam bertahan. Faktanya, klub "Bintang 6" Indonesia itu hanya kemasukan 4 gol.

Sebuah catatan mengilap guna melengkapi sukses ketiga kalinya melaju ke fase perempat final tiga kali berturut-turut di AFC Cup. Sebelumnya pada 2011 Persipura mampu melaju hingga perempat final. Musim lalu, mereka bahkan mampu menembus semifinal hingga disingkirkan Al Qadsia.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 3

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Kisruh antara PSSI dengen Kemenpora memberikan hikmah tersendiri karena memberikan kesempatan bagi Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk segara memboyong Klub sepakbola kebanggaan masyarakat Papua PERSIPURA untuk  mengikuti kompetisi di Vanuatu dan sudah pasti, PERSIPURA akan menjadi Favorit juara di Pasific dan disanalah Bendera Resmi Bangsa Papua bintang kejora akan berkibar dengan gagah perkasa.

Hal ini diakui Anggota Exco PSSI, La Siya, mengaku mendapat sebuah pesan singkat dari salah satu petinggi militer Organisai Papua Merdeka (OPM) terkait ancaman Persipura tidak bisa berlaga di Piala AFC.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 3

Persipura Jayapura kembali membuktikan diri sebagai salah satu tim terkuat di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Menyusul, mereka mampu menembus partai final kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu. Namun begitu, perjalanan mereka untuk menggapai laga puncak tidak bisa dibilang mudah.

Pasalnya, mulai dari konsentrasi yang harus terbelah lantaran mengikuti Piala AFC 2014, mereka juga mengalami kendala dari sisi non teknis dengan mundurnya pelatih Jacksen Ferreira Tiago saat tim berjuang di babak delapan besar. Sebelum menatap laga Persipura kontra Persib Bandung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11) hari ini.

Komunitas Papua mengajak pembaca mengikuti ulasan Goal Indonesia yang mengulas kembali perjalanan Boaz Solossa dan kawan-kawan mulai dari awal musim ini, hingga berhasil menembus partai final.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA  News) - Tim Persipura Jayapura menargetkan bisa memimpin klasemen akhir wilayah timur Liga Super Indonesia (LSI) dengan target memenangkan pertandingan saat menjamu Mitra Kukar di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Jumat (28/8) sore ini.

"Kami harus menang sehingga bisa juara grup. Anak-anak Persipura dalam keadaan siap tempur hadapi Mitra Kukar," kata Asisten Pelatih Persipura Jayapura Chrisleo Yarangga di Jayapura, Kamis sore.

Juara grup wilayah timur, kata pelatih berbadan subur itu, telah menjadi komitmen bersama pemain, pengurus dan manajemen Mutiara Hitam.

"Kami ingin sukses pada laga lawan Kuwait SC bisa menjalar saat menjamu Mitra Kukar. Persipura ingin juara grup timur," katanya.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 1

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA news) - Gubernur Papua, Lukas Enembe, menjanjikan bakal memberikan bonus atas keberhasilan Persipura Jayapura di pentas AFC Cup. Lukas menuturkan, pemberian bonus ini wajib untuk diberikan kepada Persipura karena telah membanggakan Papua dan Indonesia.

"Pertama, kami orang Papua dan Indonesia bangga, Persipura sudah membuat sejarah sebagai klub pertama Indonesia yang lolos ke babak semifinal AFC Cup. Harapan kami semua orang Papua, Persipura bisa menjadi juara nanti," harap Gubernur Lukas seperti dikutip dari situs Liga Indonesia.

Namun, dia tidak menyebutkan nominal yang diberikan kepada Boaz Solossa dkk. Gubernur Lukas menegaskan, pemerintah sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas keberhasilan Persipura.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 1

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - Pelatih Persebaya Surabaya, Rahmad Darmawan memuji kemenangan Persipura Jayapura atas tamunya, Kuwait SC, juara bertahan Piala AFC edisi sebelumnya di laga kedua perempat final di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua.

"Selamat buat Persipura, mereka melaju ke semi final AFC. Keberhasilan ini belum mampu dibuat oleh klub-klub di Indonesia," kata Rahmad yang akrab disapa Coach RD itu ketika dihubungi dari Jayapura, Rabu malam, menanggapi keberhasilan mantan timnya itu.

Ia mengatakan, keberhasilan Persipura Jayapura dalam kancah sepak bola internasional patut mendapatkan apresiasi dan dukungan yang luar biasa dari para pencinta olah raga sepak bola di tanah air.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - Persipura Jayapura memastikan diri melaju ke semifinal Piala AFC 2014, usai membantai juara bertahan Kuwait SC 6-1 pada laga leg 2 perempatfinal. Ditandai hattrick Robertino Pugliara, Persipura melaju dengan agregat 8-4.

Pada pertandingan yang dihelat di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa 26 Agustus 2014, Persipura tampil percaya diri sejak menit-menit awal. Mereka membangun serangan demi serangan, yang dikomandoi oleh striker sekaligus kapten Boaz Solossa.

Tim Mutiara Hitam pun unggul cepat pada menit 2. Diawali tendangan penjuru, Bio Paulin memberi bola pada Pugliara yang menendang bola dengan keras dari dalam kotak penalti. Persipura pun sementara unggul 1-0.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 1

Kuwait City (KOMUNITAS PAPUA news) – Persipura menutup laga perempatfinal leg pertama AFC Cup 2014 melawan Kuwait SC dengan kekalahan 2-3 di Kuwait City, Rabu (20/8/2014) dini hari WIB. Persipura sempat unggul 1-2 di babak pertama sebelum akhirnya dua gol telat Ali Al Kandari membalikkan skor di menit-menit akhir pertandingan.

Kuwait mampu unggul lebih dahulu melalui gol yang dicetak midfielder Tunisia Chadi Hammami. Tertinggal membuat Persipura bangkit. Anak-anak asuhan Jacksen F Tiago mampu mencetak dua gol balasan lewat gelandang Korea Selatan Lim Jun Sik di menit ke-13 dan Gerard Pangkali di menit ke-23. Skor 1-2 untuk Persipura bertahan sampai jeda.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 1

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - Turnamen Piala Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC Cup) telah memasuki babak perempat final. Satu klub perwakilan Liga Super Indonesia, Persipura Jayapura, berhasil menyentuh perempat final dan akan menghadapi klub asal Kuwait, Kuwait SC, pada Selasa, 19 Agustus 2014. Memakai skema dua pertandingan, kandang dan tandang, Persipura terlebih dahulu akan mendatangi markas Kuwait SC.
 
Pelatih tim Mutiara Hitam, julukan bagi Persipura, Jacksen Tiago, menyatakan anak-anak asuhannya mempunyai peluang yang sama dengan tuan rumah untuk lolos ke babak semifinal. Ia meminta timnya bermain optimal agar bisa merebut poin maksimal di kandang lawan. “Kedua tim punya peluang 50:50 untuk lolos, meski lawan merupakan juara bertahan,” kata Jacksen saat dihubungi, Jumat, 15 Agustus 2014. 

Selengkapnya...

Penilaian:  / 1

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengatakan timnya harus meraih poin di kandang tuan rumah Kuwait Sporting Club (SC) di Al Kuwait Sports Club Stadium di Al Asimah, Keifan pada laga perempat final Piala AFC 2014.

"Kemenangan yang dapat menentukan kita lolos ke semifinal atau tidak. Dan kemenangan yang dapat kita raih itu, peluangnya sama dengan tuan rumah," kata Jacksen dalam rilis yang dikirimkan ke pers di Jayapura, Senin malam.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 1

Balikpapan (KOMUNITAS PAPUA News) - Persipura Jayapura kembali menuai hasil positif dengan menaklukkan Persiba Balikpapan di Stadion Parikesit, Senin (11/8/2014) petang. Tim Mutiara-Hitam menang 2-1 di laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014 wilayah timur ini.

Tuan rumah Persiba sebenarnya bermain agresif dan menekan tamunya Persipura Tim Mutiara Hitam sendiri mencoba bermain taktis dengan kombinasi Boaz Solossa, Robertino Pugliara serta Titus Bonai.

Selengkapnya...

OLAHRAGA

Persipura Tidak Gentar dengan Ancaman Menpora06 Jun 2015 11:22 - Komunitas_Papua

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) -  Persipura Jayapura tak takut dengan ancaman Menteri Pemuda dan Olahraga [ ... ]

OLahraga
PERSIPURA Tohok MENPORA: Lebih Terhormat Dibantai ...02 Jun 2015 01:58 - Komunitas_Papua
PERSIPURA Tohok MENPORA: Lebih Terhormat Dibantai Lawan Ketimbang Dibantai Negara Sendiri

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Kicauan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terkait sanksi [ ... ]

OLahraga
MENPORA tipu Persipura, BOAZ mulai bicara PAPUA ME...01 Jun 2015 15:53 - Komunitas_Papua
MENPORA tipu Persipura, BOAZ mulai bicara PAPUA MERDEKA

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - PERSIPURA, Suporter Persipura serta DPR-Papua benar-benar TERTIPU oleh [ ... ]

OLahraga
Persipura Curiga Ada Diskriminasi untuk Mereka30 Mei 2015 20:43 - Komunitas_Papua
Persipura Curiga Ada Diskriminasi untuk Mereka

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Persipura Jayapura kembali mendemo kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga [ ... ]

OLahraga
Other Articles
Copyright © 2013. Komunitas Papua  Rights Reserved.