^Kembali ke Atas

  • Nowela si "Suara Uranium" dari Papua

    Nowela lahir di Wamena, Papua tanggal 19 Desember 1987. Ayahnya berasal dari Papua, lebih tepatnya berasal dari Serui, sebuah kota kecil di Pulau Serui yang terletak di pantai utara Papua, sedangkan ibunya berasal dari Batak. Setamat SMA di SMAN 1 Sidoarjo, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga Surabaya,

  • Sejarah Politik Papua

    Tumbuhnya paham "Nasionalisme Papua" di Tanah Papua mempunyai sejarah yang panjang dan pahit. Sebelum dan selama perang dunia ke II di Pasifik, nasionalisme secara khas dinyatakan melalui gerakan Millinerian, Mesianic dan "Cargo-Cultis". .

  • Antara Papua dan Palestina

    Mekianus tertegun suatu sore ketika menonton berita salah satu TV Swasta nasional. Maklum, anak berusia 12 tahun tersebut baru mendapat hadiah istimewa pamannya yang TNI untuk berlibur bersama ibunya ke Jayapura karena naik kelas 6,

Web Hosting

OPINI

Cepat atau lambat Papua pasti Merdeka

Sejak hasil Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada 1969 menyatakan Papua ingin bergabung dengan Indonesia, krisis terus membekap wilayah di ujung timur negara ini. Situasi keamanan fluktuatif.

Selengkapnya...

EDITORIAL

Kami ingin lepas dari Indonesia baik-baik

Menteri Luar Negeri Federasi Papua Barat Jacob Rumbiak menyarankan Indonesia segera memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Papua.

Selengkapnya...

DARI REDAKSI

Dari Redaksi

Komunitas Papua terus meningkatkan pelayanan Informasi bagi pembaca setia  dengan  menambahkan Fiture-fiture baru pada website komunitas Papua, dengan harapkan akan memberikan informasi yang lebih banyak kepada para pembaca, dan menjadikan website Komunitas Papua sebagai referensi utama untuk mencari berbagai informasi tentang perkembangan terakhir di Tanah Papua.

Selengkapnya...

Users Latest

  • lakishaxy2
  • Angeltut
  • Johnnieurild
  • samahmud45
  • jordantiffany92

ONLINE SAAT INI

Kami memiliki 77 tamu dan tidak ada anggota online

PENGUNJUNG

0672553
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Lalu
Bulan ini
Bulan Lalu
TOTAL
292
406
2766
2766
11674
12191
672553

TOTAL
360

9.95%
6.58%
2.47%
1.53%
0.31%
79.16%
Online (15 minutes ago):77
77 guests
no members

Your IP:54.198.205.161

STATISTIK WEB

Pengunjung
484
Artikel
212
Tautan Web
9

PASIFIK NEWS

Andy Ayamiseba : “Serba - Serbi Penolakan MSG”

Timika (KOMUNITAS PAPUA News) – Komunitas Papua memperoleh informasi  terpercaya dari  Bung Andy Ayamiseba salah seorang pengurus West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) merupakan wadah koordinasi nasional dari berbagai kelompok oposisi dan resisten Papua Barat yang berkedudukan di Vanuatu, terkait klarifikasi  masalah MSG sebagai berikut :

Selengkapnya...

Diplomasi Baru Papua - MSG

Vanuatu (KOMUNITAS-PAPUA news) -  Pastor Alain Nafuki, anggota Dewan Gereja Vanuatu, telah ditunjuk oleh Kelompok Pembebasan Papua di Pasific menjadi Ketua dari sebuah Komite yang bertugas mengorganisir Konferensi Kelompok-Kelompok Pembebasan Papua yang akan diselenggarakan di Port Villa, Vanuatu, bulan Agustus mendatang.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 2
TerburukTerbaik 

Sebelum Persipura menghadapi Pahang FA yang bakal menjadi lawan di babak 16 Besar Piala AFC 2015 di Stadion Mandala, Selasa (26/5), sebaiknya kita refleksi lagi perjalanan  Persipura Jayapura yang mengantongi tiket babak 16 besar AFC Cup 2015. Mutiara Hitam bisa dibilang tokcer. Betapa tidak, dari enam pertandingan babak penyisihan grup, raksasa Indonesia itu tidak ternoda dengan kekalahan.

Tim besutan Oswaldo Lessa itu memetik lima kemenangan dan sekali imbang. Bukan hanya menyerang dan mencetak gol, Persipura sangat kuat dalam bertahan. Faktanya, klub "Bintang 6" Indonesia itu hanya kemasukan 4 gol.

Sebuah catatan mengilap guna melengkapi sukses ketiga kalinya melaju ke fase perempat final tiga kali berturut-turut di AFC Cup. Sebelumnya pada 2011 Persipura mampu melaju hingga perempat final. Musim lalu, mereka bahkan mampu menembus semifinal hingga disingkirkan Al Qadsia.

Tampil sebagai juara grup E, Persipura bakal menjamu tim asal Malaysia, Pahang FA di babak 16 besar dengan sekali pertandingan. Lantas, bagaimana kekuatan Persipura menghadapi pertandingan ini ditinjau dari segi statistik?

Rekor Persipura di AFC Cup

Dari segi faktor non-teknis, Persipura memiliki catatan cukup impressif di kasta kompetisi nomor dua di Asia ini.  Selain punya rekor selalu lolos ke 16 besar setiap ikut serta AFC Cup, Persipura punya pencapaian lain yang cukup mengesankan di kompetisi Asia.

Selama bermain di AFC Cup, Persipura sudah mencetak lebih dari 50 gol. Totalnya 53 gol dan sangat mungkin terus bertambah mengingat penampilan Mutiara Hitam yang superior di ajang ini. Jika ditambah dengan keikutsertaan di ajang Liga Champion Asia maka jumlah gol Persipura di kompetisi Asia adalah 57 gol.

Fakta unik lain, Persipura tidak pernah mengalami kekalahan ketika menghadapi wakil India. Persipura sebelumnya pernah menang dan bermain imbang ketika melawan Kingfisher East Bengal pada 2011 dan Churchill Brothers pada 2014.

Menguasai Permainan

Perolehan gol Persipura melesat di AFC Cup tahun ini. Sepanjang babak penyisihan grup, Persipura mencetak 17 gol. produktivitas gol yang lebih baik jika dibandingkan dengan musim 2011 dan 2014 di fase grup. Dengan rata-rata 2,83 gol per laga.

Tidak dapat dipungkiri bila lini depan Persipura sangat tajam. Dari enam pertandingan di edisi 2015, mereka mampu melepaskan 101 percobaan tembakan dengan 45 di antaranya tepat mengarah ke gawang. Dan 17 di antaranya dikonversikan menjadi gol.

Akurasi umpannya juga sangat baik, yakni 83%. Total mereka melepaskan 2739 umpan atau rata-rata 456,5 umpan per pertandingan. Jumlah umpan ini menunjukkan mereka menguasai permainan. Di sisi lain, pertahanan Persipura juga tampil istimewa.

Meski sudah ditinggal kiper Yoo Jae-hoon dan menyerahkan posisi penjaga gawang pada Dede Sulaiman, nyatanya lini belakang tetap kokoh. Hanya kebobolan empat gol saja atau 0,67 gol per pertandingan.

Itu semua berkat kegigihan pemain Persipura dalam bertahan ketika lawan mulai menguasai bola. Ada 107 tekel sukses, 96 memotong bola, serta 101 sapuan dilakukan sepanjang babak penyisihan grup. Itu juga masih ditambah dengan enam kali memblok tembakan lawan.

Hanya saja, jumlah pelanggarannya juga lumayan. 93 pelanggaran atau 15,5 pelanggaran per pertandingan. Ada tujuh kartu kuning yang diterima dan satu kartu merah. Memasuki babak sistem gugur tentu pemain perlu lebih berhati-hati karena hukuman kartu bisa berakibat tidak diperbolehkan bermain di laga berikutnya yang tentu merugikan tim.

Boaz pemain terbaik

Kapten Boaz Solossa layak disebut sebagai pemain terbaik Persipura. Dia tampil konsisten di setiap laga yang dia mainkan. Adik Ortizan Solossa ini selalu bermain di enam pertandingan dan hebatnya selalu tampil penuh selama 90 menit. Fisik mumpuni Boaz membuatnya bisa bermain konsisten sepanjang pertandingan.

Tapi, Boaz tidak akan dinilai sebagai pemain terbaik hanya dari menit bermainnya. Dia komponen penting Persipura di mana dia mencetak lima gol dan tiga assist. Sebagai pemain depan, Boaz pemain yang sangat berbahaya di mana dia melepaskan 35 percobaan tembakan dengan 19 di antaranya menemui sasaran.

Akurasi tendangan yang 54% itu jelas menjadi ancaman nyata bagi setiap lawan. Lima golnya dia cetak ke tiga tim. Masing-masing satu gol ke gawang Mayiza dan Bengaluru serta tiga gol lain ke gawang Warriors.

Kemampuan mengirim umpannya juga cukup baik, sebesar 78%. 238 umpan dia lepaskan atau rata-rata 40 umpan per pertandingan. Boaz yang kerap bermain melebar juga sukses melepaskan tujuh umpan silang serta lima kali drible sukses.

Catatan itu semakin baik dengan fakta bahwa tak satu pun hukuman kartu yang diterima oleh Boaz. Ini bukti bahwa selain menjadi penyerang yang tajam, Boaz adalah sosok pemimpin yang tepat bagi Persipura. Bisa jadi jenderal lapangan sekaligus memberi contoh disiplin tinggi di lapangan serta respek pada pemain lawan.

Pemain lain yang juga sangat tajam dan penting bagi Persipura adalah Robertino Pugliara dan Ian Louis Kabes. Keduanya masing-masing mencetak tiga gol. Robertino juga memberi dua assist, sementara Kabes sempat menciptakan satu assist. Kombinasi ketiganya adalah kunci dari setiap kemenangan Persipura.

Pertarungan tgl 26 Mei

Menurut Osvaldo, tim besutannya siap meladeni permainan Pahang FA, dan akan menurunkan kekuatan terbaik guna memetik kemenangan demi mewujudkan ambisi lolos ke perempat-final. Kemenangan wajib direbut, mengingat 16 Besar hanya menggelar satu leg.

“Pertandingan menghadapi Pahang FA pada selasa nanti, kami tetap akan menurunkan kekuatan terbaik kami, dengan target yaitu meraih kemenangan. Kami tetap akan mewaspadai empat pemain Pahang FA,” ujar Osvaldo.

Di pertandingan nanti, Persipura tidak akan diperkuat Ricardo Salampessy dan Lukas Mandowen yang dibekap cedera.

“Menghadapi Pahang FA, Ricardo dan Lukas Mandowen tidak bias dimainkan, karena mengalami cedera lutut dan paha. Untuk mengisi posisi kedua pemain ini, tim pelatih telah menyiapkan penggantinya,” kata Osvaldo.

Sementara itu gelandang Robertino Pugliara mengungkapkan, para pemain harus bisa menjaga kebersamaan dan kekompakan tim, seperti yang mereka lakukan selama ini. Menurutnya, kebersamaan dan kekompakan tim menjadi kunci sukses Persipura.

“Sebagai pemain Persipura, saya melihat kunci kemenangan Persipura, baik di laga home maupun away adalah kebersamaan dan kekompakan tim. Saya optimis kami bisa mendapatkan kemenangan,” tutur Robertino.

Namun semua ini akan menjadi sia-sia belaka jika "SI BODOH" Menpora (Menteri Perusak Olah Raga) masih bertingkah (fred)

 

OLAHRAGA

Persipura Tidak Gentar dengan Ancaman Menpora06 Jun 2015 11:22 - Komunitas_Papua

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) -  Persipura Jayapura tak takut dengan ancaman Menteri Pemuda dan Olahraga [ ... ]

OLahraga
PERSIPURA Tohok MENPORA: Lebih Terhormat Dibantai ...02 Jun 2015 01:58 - Komunitas_Papua
PERSIPURA Tohok MENPORA: Lebih Terhormat Dibantai Lawan Ketimbang Dibantai Negara Sendiri

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Kicauan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terkait sanksi [ ... ]

OLahraga
MENPORA tipu Persipura, BOAZ mulai bicara PAPUA ME...01 Jun 2015 15:53 - Komunitas_Papua
MENPORA tipu Persipura, BOAZ mulai bicara PAPUA MERDEKA

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - PERSIPURA, Suporter Persipura serta DPR-Papua benar-benar TERTIPU oleh [ ... ]

OLahraga
Persipura Curiga Ada Diskriminasi untuk Mereka30 Mei 2015 20:43 - Komunitas_Papua
Persipura Curiga Ada Diskriminasi untuk Mereka

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Persipura Jayapura kembali mendemo kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga [ ... ]

OLahraga
Other Articles
Copyright © 2013. Komunitas Papua  Rights Reserved.