^Kembali ke Atas

  • Nowela si "Suara Uranium" dari Papua

    Nowela lahir di Wamena, Papua tanggal 19 Desember 1987. Ayahnya berasal dari Papua, lebih tepatnya berasal dari Serui, sebuah kota kecil di Pulau Serui yang terletak di pantai utara Papua, sedangkan ibunya berasal dari Batak. Setamat SMA di SMAN 1 Sidoarjo, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga Surabaya,

  • Sejarah Politik Papua

    Tumbuhnya paham "Nasionalisme Papua" di Tanah Papua mempunyai sejarah yang panjang dan pahit. Sebelum dan selama perang dunia ke II di Pasifik, nasionalisme secara khas dinyatakan melalui gerakan Millinerian, Mesianic dan "Cargo-Cultis". .

  • Antara Papua dan Palestina

    Mekianus tertegun suatu sore ketika menonton berita salah satu TV Swasta nasional. Maklum, anak berusia 12 tahun tersebut baru mendapat hadiah istimewa pamannya yang TNI untuk berlibur bersama ibunya ke Jayapura karena naik kelas 6,

Web Hosting

OPINI

Cepat atau lambat Papua pasti Merdeka

Sejak hasil Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada 1969 menyatakan Papua ingin bergabung dengan Indonesia, krisis terus membekap wilayah di ujung timur negara ini. Situasi keamanan fluktuatif.

Selengkapnya...

EDITORIAL

Kami ingin lepas dari Indonesia baik-baik

Menteri Luar Negeri Federasi Papua Barat Jacob Rumbiak menyarankan Indonesia segera memberikan pengakuan terhadap kedaulatan Papua.

Selengkapnya...

DARI REDAKSI

Dari Redaksi

Komunitas Papua terus meningkatkan pelayanan Informasi bagi pembaca setia  dengan  menambahkan Fiture-fiture baru pada website komunitas Papua, dengan harapkan akan memberikan informasi yang lebih banyak kepada para pembaca, dan menjadikan website Komunitas Papua sebagai referensi utama untuk mencari berbagai informasi tentang perkembangan terakhir di Tanah Papua.

Selengkapnya...

Users Latest

  • lakishaxy2
  • Angeltut
  • Johnnieurild
  • samahmud45
  • jordantiffany92

ONLINE SAAT INI

Kami memiliki 18 tamu dan tidak ada anggota online

PENGUNJUNG

0672489
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Lalu
Bulan ini
Bulan Lalu
TOTAL
228
406
2766
2766
11610
12191
672489

TOTAL
264

9.95%
6.58%
2.47%
1.53%
0.31%
79.16%
Online (15 minutes ago):18
18 guests
no members

Your IP:54.198.205.161

STATISTIK WEB

Pengunjung
484
Artikel
212
Tautan Web
9

PASIFIK NEWS

Andy Ayamiseba : “Serba - Serbi Penolakan MSG”

Timika (KOMUNITAS PAPUA News) – Komunitas Papua memperoleh informasi  terpercaya dari  Bung Andy Ayamiseba salah seorang pengurus West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) merupakan wadah koordinasi nasional dari berbagai kelompok oposisi dan resisten Papua Barat yang berkedudukan di Vanuatu, terkait klarifikasi  masalah MSG sebagai berikut :

Selengkapnya...

Diplomasi Baru Papua - MSG

Vanuatu (KOMUNITAS-PAPUA news) -  Pastor Alain Nafuki, anggota Dewan Gereja Vanuatu, telah ditunjuk oleh Kelompok Pembebasan Papua di Pasific menjadi Ketua dari sebuah Komite yang bertugas mengorganisir Konferensi Kelompok-Kelompok Pembebasan Papua yang akan diselenggarakan di Port Villa, Vanuatu, bulan Agustus mendatang.

Selengkapnya...

Penilaian:  / 5
TerburukTerbaik 

Oleh : Fredrik Wakum

Nowela lahir di Wamena, Papua tanggal 19 Desember 1987. Ayahnya berasal dari Papua, lebih tepatnya berasal dari Serui, sebuah keota di Pulau di pantai utara Papua, sedangkan ibunya berasal dari Batak. Setamat SMA di SMAN 1 Sidoarjo, ia melanjutkan pendidikannya ke Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga Surabaya, namun tidak selesai. Ia kemudian hijrah ke Purwokerto, Jawa Tengah, dan bekerja sebagai penyanyi kafe, profesi yang dijalaninya selama enam tahun sebelum akhirnya membawanya lolos menjadi salah seorang peserta Indonesian Idol musim kedelapan.

Nowela si pemilik zodiac Sagitaurus ini mengikuti audisi Indonesian Idol melalui Bus Audisi Purwokerto dan berhasil lolos ke Jakarta setelah melewati proses audisi utama di Bandung. Setelah serangkaian tahap seleksi, ia berhasil melaju ke babak spektakuler, dan pada akhirnya menjadi pemenang setelah menyisihkan Husein Alatas di babak final Indonesian idol yang berlangsung spektakuler

Suaranya yang kuat dan unik kerap mendapat pujian dari para juri, yang dijuluki dengan "Uranium Voice" oleh Ahmad Dhani. Bahkan komentar Anang dalam Indonesia Idol selalu memberikan pujian dengan mengatakan : Nowell kamu tidak seharusnya mengikuti Indonesian Idol, tempatmu lebih tepat di American Idol”

Tak banyak Dulu yang mengenal Nowela,bahkan namanyapun orang jarang dengar,namun sejak masuk Di Indonesian Idol 2014,namun ketika menlangkah anggun di pelataran gegap gempinta Indonesia Idol, nama Nowlla tiba-tiba meroket dalam blantika music Indonesia, sebagai seorang pendatang baru yang memiliki vocal yang berbeda dengan penyanyi Indonesia umumnya.

Wanita Berdarah Papua Batak ini ikut Audisi Indonesian Idol 2014 dari purwokerto. Wanita berusia 26 tahun ini pertama kali ditemukan bakatnya di bus audition indonesian idol yang saat itu tantri kotak sebagai jurinya.

Nowela bukan hanya membuat Tantri Kotak Kagum,Juri lainnya juga kagum akan suara khas Nowela,sebut saja Ahmad Dhani yang sangat menyukai karakter suara dan caranya bernyanyi.

Rendah Hati,

Mesipun menjadi juara Indonesian Idol musim kedelapan pada tahun 2014. Nowela Elizabeth  Auparay tak jumawa. Ia jadi jawara Indonesian Idol bukan sepenuhnya karena penampilannya di atas panggung. Tetapi, karena ada pendukung yang tak pernah berhenti memberikan semangat dan vote untuknya.

"Saya punya pendukung luar biasa, saya punya darah Papua, dan darah Batak, di mana dukungan dari mereka luar biasa. Tidak hanya mereka, ternyata respon dari masyarakat Indonesia juga luar biasa, mau suku apapun, mereka dukung saya. Saya bangga sama mereka," ucapnya, Sabtu, (24/5/2014), di Hall D, Kemayoran, Jakarta Pusat sebagaimana dikutip Tribun News online

Ia pun mengucapkan terima kasih karena pendukungya tidak menyerah memberikan semangat dan vote, sampai akhir ajang pencarian bakat menyanyi tersebut.

Padahal, penampilannya tidak sepenuhnya sempurna. Ada kalanya ia mengalami penurunan kualitas penampilan karena kelelahan. Tetapi, pendukungnya tidak menyerah untuk mempertahankannya sampai di posisi pertama.

"Mereka tidak menyerah memperjuangkan saya, ketika saya down, ketika saya drop, mereka terus memperjuangkan saya," tandas gadis berdarah Batak-Papua itu.

Indonesia Idol

Nowela berada di ajang Indonesian Idol 2014 secara tidak langsung berkat kejelian Tantri Kotak. Kala itu juri baru Indonesian Idol tersebut bertugas mencari bakat di Purwokerto, Jawa Tengah. Tantri menjadi juri bus audition di sana. Nowela merupakan salah seorang peserta audisi itu.

Nowela mengaku, sebelumnya dirinya berniat mengikuti audisi di Jogjakarta. Sulung di antara empat bersaudara tersebut sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk minta izin kepada manajemen tempat dia bekerja. Dia saat itu menjalani kontrak kerja menyanyi dua bulan di salah satu kafe di Purwokerto. ”Ternyata ada bus audition di Purwokerto. Saya ikut,” terangnya.

Nowela mengikuti audisi hari terakhir. Dia menyanyi di depan Tantri. Tantri langsung memberi dia silver ticket, tiket untuk pergi ke Jakarta dan menyanyi di depan juri Ahmad Dhani, Anang Hermansyah, dan Titi D.J. Ketika menjalani audisi di depan tiga juri itu, Nowela berhasil. Dia mendapatkan golden ticket dan berhak lanjut ke babak berikutnya.

Tantri bilang, kali pertama mendengar Nowela bernyanyi, dirinya yakin bahwa Nowela layak mendapatkan kesempatan. ”Makanya, saya merasa bangga sekali bisa menjadi bagian dari proses teman-teman Indonesian Idol. Terlebih untuk Nowela,” kata Tantri.

Sebetulnya Nowela pernah mengikuti audisi Indonesian Idol dua kali, tetapi tidak lolos. ”Mungkin memang jalannya sekarang. Ini jalan yang Tuhan berikan untuk saya,” ucap Nowela.

Setelah diumumkan sebagai pemenang, Nowela menyanyikan lagu kemenangannya yang berjudul Membawa Cinta ciptaan Harry Budiman. Ketika tim Indonesian Idol menyodorkan dua lagu baru kepada Nowela dan Husein, entah mengapa ketika membaca lirik lagu tersebut, dia merasa bahwa lagu itu untuknya. ”Saya sudah feeling kalau lagu itu yang akan diberikan ke saya. Baca liriknya itu seperti menceritakan diri saya,” urainya.

Ternyata benar. Memang lagu Membawa Cinta yang diberikan kepada Nowela sebagai lagu kemenangan. Ayah dan ibunya menitikkan air mata saat dia menyanyikan lagu itu. Nowela pun berkaca-kaca. ”Semua isi lirik itu kisah yang saya alami. Makanya, waktu nyanyi, saya sendiri menahan supaya tidak nangis,” kata dia.

”Di bagian lirik tak ingin kukecewakanmu, yang tak berhenti kuatkan aku. Itu lirik yang membuat dada saya sesak,” tuturnya.

Perjalanan Nowela demi mengejar cita sebagai penyanyi cukup berliku. Dia tumbuh di keluarga yang sangat menjunjung tinggi pendidikan. Alex David Zakaria Auparay dan Rida Auparay, orang tua Nowela, selalu menanamkan pentingnya pendidikan kepada anak-anak. Lulus SMP, Nowela terpilih mewakili daerahnya untuk mendapatkan beasiswa dari Kemendikbud.

Bersama empat teman dari Papua, Nowela ditempatkan di SMA Negeri 1 Sidoarjo, Jawa Timur, dengan beasiswa penuh. Nowela tinggal jauh dari orang tua. Lulus SMA, dia masuk Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga. Tapi, demi mengejar cita-cita menjadi penyanyi, dia putus kuliah. Hingga akhirnya kini dia berhasil menjadi pemenang Indonesian Idol.

BIODATA SINGKAT

Nama Asli                : NOWELA MIKHELIA ELIZABETH AUPARAY
Nama Tenar            : NOWELA
Tmpt / Tgl Lahir       : WAMENA, 19 DESEMBER 1987
Zodiak                      : SAGUTARIUS
Asal Daerah             : PAPUA
Twitter                      : @NowelaIdol8

OLAHRAGA

Persipura Tidak Gentar dengan Ancaman Menpora06 Jun 2015 11:22 - Komunitas_Papua

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) -  Persipura Jayapura tak takut dengan ancaman Menteri Pemuda dan Olahraga [ ... ]

OLahraga
PERSIPURA Tohok MENPORA: Lebih Terhormat Dibantai ...02 Jun 2015 01:58 - Komunitas_Papua
PERSIPURA Tohok MENPORA: Lebih Terhormat Dibantai Lawan Ketimbang Dibantai Negara Sendiri

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Kicauan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terkait sanksi [ ... ]

OLahraga
MENPORA tipu Persipura, BOAZ mulai bicara PAPUA ME...01 Jun 2015 15:53 - Komunitas_Papua
MENPORA tipu Persipura, BOAZ mulai bicara PAPUA MERDEKA

Jayapura (KOMUNITAS PAPUA News) - PERSIPURA, Suporter Persipura serta DPR-Papua benar-benar TERTIPU oleh [ ... ]

OLahraga
Persipura Curiga Ada Diskriminasi untuk Mereka30 Mei 2015 20:43 - Komunitas_Papua
Persipura Curiga Ada Diskriminasi untuk Mereka

Jakarta (KOMUNITAS PAPUA News) - Persipura Jayapura kembali mendemo kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga [ ... ]

OLahraga
Other Articles
Copyright © 2013. Komunitas Papua  Rights Reserved.